RS Wahidin Sudirohusodo Terapkan Sistem Pelayanan Rujukan Terintegrasi

25 Oktober 2016 16:59

MAKASSAR, INIKATA.com — Demi meningkatkan pelayanan rujukan pasien di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, pihak manajemen rumah sakit telah menerapkan sistem rujukan Terintegrasi.

Sistem rujukan terintegrasi (sisrute) pelayanan kesehatan ini merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab, pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal, di mana seluruh proses rujukan dilakukan secara terintegrasi.

“Sistim ini digunakan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan pasien rujukan di Rumah Sakit,” ujar Direktur RSUP Wahidin Sudirohusodo, Dr dr Khalid Saleh, Selasa (25/10/2016).

Pada proses rujukan diharapkan adanya komunikasi dan informasi awal sebelum pasien dirujuk melalui media komunikasi (SMS, aplikasi android dan web), sehingga pelayanan di RS yang dirujuk dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, yang berdampak pada keselamatan pasien.

Pelaksanaan sistem rujukan di Indonesia telah diatur dengan bentuk bertingkat atau berjenjang, yaitu pelayanan kesehatan tingkat pertama, kedua, dan ketiga, di mana dalam pelaksanaannya tidak berdiri sendiri-sendiri, namun berada di suatu sistem dan saling berhubungan.

“Apabila pelayanan kesehatan primer tidak dapat melakukan tindakan medis tingkat primer, maka ia menyerahkan tanggung jawab tersebut ke tingkat pelayanan di atasnya, demikian seterusnya,” jelasnya.

Pola rujukan berjenjang sekarang ini kata dr Khalid sudah berjalan, tetapi pelayanan sistim rujukan yang harapkan adalah adanya pola komunikasi dan informasi awal sebelum pasien di rujuk ke Rumah Sakit yang dituju (RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo).

Hal ini sehubungan dengan; 1) Komunikasi ke RS yang dirujuk terkait kondisi pasien, 2) Informasi feedback dari RS di rujuk terkait kesediaan untuk menerima, 3) Informasi kelengkapan sarana dan prasarana (baik terkait ketersediaan sarana kamar inap apalagi jika pasien memerlukan penanganan intensif, sarana peralatan medis, SDM dokter yang akan menangani, dan lain-lain).

Penyediaan sistim ini diharapkan adanya kesadaran dari semua stakeholder, khususnya di luar RS untuk memanfaatkan sistim informasi rujukan terintegrasi, sehingga tanpa disuruh seluruh RS (RS Regional, RS kelas B dan atau RS kelas C dalam kondisi khusus) yang akan merujuk pasien, dapat melakukan komunikasi dan informasi awal terkait pasien yang akan di rujuk. Prinsip sisrute adalah untuk kemudahan akses dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Seperti diketahui RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar meraih juara PERSI AWARD 2016 sebagai sebagai juara I tingkat Nasional kategori Innovation of Governance, dengan judul Sistim Rujukan Terintegrasi (SISRUTE). Perhelatan ini telah berlangsung sejak tanggal 19 – 22 Oktober 2016 di Jakarta Convention Center, dan diikuti sebagian besar rumah sakit pemerintah di Indonesia. (**)

Penulis: Risman

Comments