Kenali Sebelum Terlambat, Ini Gejala Sakit Liver

4 November 2016 9:58

HATI tidak hanya bertindak sebagai filter untuk darah, tetapi juga menghasilkan hormon, menyimpan energi, dan membuat senyawa yang memungkinkan usus mencerna makanan. Ini hanya sebagian kecil dari tugas mereka.

Mengingat peran hati yang sangat penting, mungkin Anda berpikir bahwa jika ada masalah dengan organ yang satu ini, gejalanya akan langsung terasa.

Sayangnya, itu tidak terjadi, kata Bruce Bacon, M.D., seorang profesor kedokteran dan spesialis penyakit dalam dan gastroenterologi di St. Louis University School of Medicine.

“Hepatitis C, misalnya, adalah sebutan yang digunakan untuk menyebut epidemi diam-diam penyakit hati. Banyak orang memilikinya, tapi tidak menyadarinya,” jelas Dr. Bacon.

Hati yang tidak berfungsi baik akan menyebabkan penumpukan zat tembaga dalam darah dan otak.

Pada saat tanda-tanda atau gejala muncul, entah karena hepatitis atau perlemakan hati, kemungkinan hati sudah sampai pada tahap sirosis.

Selain pemeriksaan rutin, sebaiknya Anda juga waspada jika timbul gejala-gejala khas di bawah ini. Segera temui dokter untuk mengonfirmasi temuan Anda.

1. Perut Sakit dan Bengkak
Sakit, bengkak, atau pegal di area kanan atas perut adalah tanda hati Anda mungkin dalam bahaya, kata Dr. Bacon. Hati menempati sebagian besar rongga perut Anda dan perlemakan biasanya ada di sisi kanan.

2. Mata dan Kulit Menguning
Ketika tubuh memecah sel-sel darah tua, salah satu produk sisa yang diciptakannya adalah senyawa kekuningan yang disebut “bilirubin.”

“Hati yang sehat tidak memiliki masalah membuang bilirubin. Tapi, hati yang sakit tidak bisa mengeliminasi bilirubin sehingga akhirnya mengubah warna kulit dan mata menjadi kuning,” jelas Dr. Wakim-Fleming. ”

Warna urine dan kotoran gelap keruh juga merupakan tanda-tanda penyakit kuning,” tambahnya.

3. Nyeri Sendi
Nyeri sendi, mual, muntah, sering lelah, dan hilangnya nafsu makan adalah gejala saling terkait dari penyakit hepatitis autoimun, kata Dr. Wakim-Fleming.

Hepatitis autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan hati Anda sendiri, demikian menurut National Institutes of Health.

4. Bercak Kulit
Karena hati Anda tidak bisa membersihkan darah dengan benar, Anda bisa memiliki masalah pembekuan darah di dekat permukaan kulit. Hal ini bisa menimbulkan “angioma spider,” atau noda kulit besar yang menyerupai laba-laba atau tanda bintang. Umumnya, angioma spider muncul di dada.

5. Kebingungan
Hati yang tidak berfungsi baik akan menyebabkan penumpukan zat tembaga dalam darah dan otak. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan yang mirip dengan gejala alzheimer.
Umumnya, gejala kebingungan timbul jika penyakit hati sudah ada pada stadium lanjut. (bs)

Comments