Punya Bintik Putih di Kuku, Berikut Penjelasannya!!

20 Desember 2016 15:30
Ilustrasi. (Foto: ist)

SOAL bintik putih di kuku, kita pernah mendengar mitos yang menyebutkan jika itu menandakan ada seseorang yang naksir kamu.

Hal konyol yang sering kita jumpai di masa kecil ini memang cuma mitos atau mungkin kekonyolan untuk bikin kamu ge-er. Sejumlah pendapat mengatakan bahwa bintik putih di kuku menandakan kurangnya asupan kalsium pada tubuh kita. Namun ternyata pendapat ini juga salah.

Dilansir oleh Huffington Post, Jessica Krant, M.D seorang dermatologis bersertifikat mengungkapkan bahwa itu hanyalah mitos. Fakta sebenarnya, bintik putih di kuku tidaklah berbahaya seperti apa yang kita pikirkan.

Bintik putih di kuku merupakan tanda-tanda trauma yang pernah dialami oleh lapisan kuku yang terdapat di bawah kutikula. Bintik putih ini diibaratkan seperti ketika kamu membengkokkan plastik, lalu muncul bekas putih di bagian lipatan.

Pada dasarnya bintik putih tersebut bersifat sementara dan akan hilang seiring dengan pertumbuhan kukumu. Yang harus kamu waspadai justru bintik yang berwarna gelap.

“Bintik gelap biasanya terjadi karena benturan keras. Namun jika kamu tidak terbentur atau terjepit tetapi muncul bintik gelap berwarna hitam, cokelat, atau ungu, bisa jadi itu merupakan tanda kanker kulit. Periksa langsung ke dokter,” kata Jessica. (**)

Comments