Waspada, Jumlah Kasus Malaria di Makassar Dinominasi Laki-laki

24 Februari 2017 17:47
Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah T Azikin

MAKASSAR, INIKATA.com— Jumlah kasus malaria sepanjang 2016 meningkat, dimana sejak Januari hingga Desember 2016 jumlah penderita yang terjangkit malaria sebanyak 196. Berdasarkan Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar.

Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah T Azikin mengatakan, temuan ini merupakan jumlah kasus tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Pada 2014 lalu, warga positif malaria hanya 98 orang dan sempat mengalami penurunan pada 2015, yanki 87 kasus.

Baca juga: Dinkes Sidrap Terapkan Larva Trap untuk Tekan DBD

“Penderita positif malaria didominasi oleh jenis kelamin laki-laki, sebanyak 153 penderita yang berada pada rentan usia 15 sampai 53 tahun,” ucap Naisyah , Jumat (24/2/2017).

Selain itu, Naisyah menyebutkan, Kota Makassar sudah termasuk daerah eliminasi malaria. Peningkatan jumlah penderita malaria yang terjadi pada 2016 adalah kasus impor dari daerah endemis malaria.

Baca juga: Terkait Obat Palsu, Dinkes Makassar: Kalau Ada Apotek Jual Segera Laporkan

“Laporan yang masuk kebanyakan dari rumah sakit. Dimana penderita yang tercatat itu merupakan orang yang baru selesai melakukan kunjungan dari daerah endemis, seperti Papua. Jadi penyakitnya bukan karena faktor lingkungan kita,” jelasnya.(**)

Comments